Perbedaan Konstruksi Besi Hollow Galvanis dan yang Tidak
Perbedaan Konstruksi Besi Hollow Galvanis dan yang Tidak

Perbedaan Besi Hollow Galvanis dengan Hollow Biasa

Posted on

Buat kalian yang masih bingung tentang APA SIH PERBEDAAN KONSTRUKSI BESI YANG MENGGUNAKAN BESI HOLLOW GALVANIS DAN YANG BUKAN GALVANIS, yuk simak artikel ini??

Besi Hollow adalah besi yang dibentuk seperti penampang pipa panjang yang memiliki rongga berbentuk segi empat, sering juga disebut pipa kotak. Jenis yang satu ini biasanya banyak digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, dan beberapa hasil bangunan lainnya. Ada 2 jenis bahan hollow yang sering dijumpai di pasaran untuk konstruksi, yaitu: hollow galvanis, dan hollow besi hitam.

Lalu, apa sih yang membedakan konstruksi besi hollow galvanis dan hollow besi hitam?

Istilah galvanis sendiri merupakan suatu proses pelapisan seng pada lembaran atau lempengan baja dengan tujuan agar lempengan baja tersebut tidak cepat berkarat.

Cairan coating pada rangka galvanis terdiri dari 97% zinc, ±1% aluminium, dan sisanya komponen lain seperti silikon, fosfor dan mangan. Tujuan dari pelapisan rangka galvanis yakni untuk melindungi baja dari berbagai polutan yang dapat menyebabkan karat.

Material yang digunakan untuk pembuatan hollow galvanis ini memang sangat kuat karena bersifat anti pecah dan juga sulit untuk dihancurkan. Tidak hanya itu saja, dengan adanya material baja ini dapat membuat permukaan pipa menjadi cukup kuat dan tahan lama (tidak mudah rusak).

Perbedaan Konstruksi Besi Hollow Galvanis dan yang Tidak
Perbedaan Konstruksi Besi Hollow Galvanis dan yang Tidak

Selain besi galvanis, ada juga besi hollow hitam. Jenis besi hollow hitam terbuat dari bahan dasar baja dengan ukuran panjang yang sudah standar. Biasanya, ukuran panjangnya 6 m dengan ketebalan yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Besi ini biasa digunakan untuk membuat tangga besi, kanopi, atau dinding ACP.

Kelebihan Besi Hollow Galvanis

  • Tersedia dengan nilai ketebalan yang tipis sehingga beratnya relatif ringan
  • Tidak berkarat pada badan besi
  • Cocok untuk konstruksi outdoor

Kekurangan Besi Hollow Galvanis

  • Mudah mengalami tekuk saat menopang beban berat
  • Tersedia pada ketebalan yang lebih tipis dibanding besi hitam
  • Berkarat pada titik sambungan las

Kelebihan Besi Hollow Hitam

  • Tersedia pada rentang ketebalan yang lebih luas
  • Cocok untuk konstruksi bangunan dan beban berat
  • Harga relatif lebih murah dibanding besi galvanis pada ketebalan yang sama

Kekurangan Besi Hollow Hitam

  • Perlindungan karat lebih rendah dibanding galvanis
  • Membutuhkan cat dasar untuk mencegah karat
  • Memerlukan perawatan berkala untuk mencegah karat.

Nah, semoga artikel ini bisa menambah wawasan Sobat APPASCO tentang BESI HOLLOW GALVANIS dan BESI HOLLOW HITAM yang saat ini ramai digunakan untuk konstruksi bangunan??

For more discussion, feel free to contact us at 08125227383 (WA

Recent search terms:

membedakan holo galvanis dan bukan
Gravatar Image
Jasa spesialis pembuatan kanopi, tralis, pagar, alat konstruksi lainnya. Kami ahli dalam bidangnya. ~kanopi~baja ringan~alumunium~ 🔩 kontruksi besi, atap baja ringan, plaffon, alumunium 🏠 Area Jabodetabek ☎️Telp/sms : 08125227383 📱WA : 08125227383 📱pin : 5bc732e9 www.facebook.com/Appasco-245395948880290