Kanopi Spandek Galvanis di Cimanggis
Kanopi Spandek Galvanis di Cimanggis

Jenis-Jenis Kanopi Rumah yang Awet dan Tahan Lama

Jenis-jenis kanopi – Masyarakat Indonesia sendiri mengenal kanopi sebagai sebuah struktur bangunan dengan fungsi sebagai atap pelengkap/tambahan di luar rumah. Berdasarkan sisi arsitektur sendiri, kehadiran kanopi pada umumnya terdiri dari 2 fungsi, diantaranya perlindungan atas cuaca maupun faktor eksternal yang lainnya, seperti serangga, dan fungsi kedua meliputi dekorasi.

Jenis-Jenis Kanopi Untuk Atap Rumah

Rangka kanopi merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan lagi dari sebuah bangunan rumah. Karenanya, penting untuk pemilik rumah dalam memilih jenis kanopi yang tahan lama dan awet digunakan. Berikut jenis-jenis kanopi rumah yang memiliki ketahanan tinggi, di bawah ini :

  1. Kanopi Teralis Tipis

Kanopi yang diterapkan di pinggir kolam renang memang tampak cantik dan dapat meneduhi siapa saja yang berada di bawahnya. Dengan konsep arsitektur minimalis dan modern, kanopi jenis ini juga memakai atap transparan yang berwarna putih sebagai proteksi maksimal dari curah hujan. Jenis kanopi besi ini memang memiliki karakter yang kokoh dan tahan pemakaian dengan disangga di 4 sisi tepatnya pada bagian ujung kanopi masing-masing. Kanopi jenis ini ;ebih disebut kanopi bahan besi Hollow. Atap kanopi bisa menggunakan Spandek, Polikarbonat, Asbes, Seng, Onduline, PVC dan UPVC dlsb.

Kanopi Spandek Galvanis di Cimanggis
Kanopi Spandek Galvanis di Cimanggis
Kanopi Modern Atap UPVC di Mansion Garden BSD
Kanopi Modern Atap UPVC di Mansion Garden BSD
  1. Kanopi Kayu

Kanopi kayu tak hanya memberikan kesan natural, megah dan indah saja pada sebuah bangunan, melainkan juga memiliki sifat yang tahan lama dan resisten terhadap iklim. Pemasangan kanopi kayu ini tentu bisa semakin maksimal jika dilengkapi unsur dinding berbahan kayu dari bangunan rumah. Menggunakan sekat-sekat di antara kanopi, menjadikan suasana di teras rumah lebih cerah.

struktur bangunan kanopi kayu
struktur bangunan kanopi kayu
wood canopy
wood canopy
  1. Kanopi Aluminium

Kanopi aluminium ini biasanya digunakan karena pemasangannya lebih mudah dan lebih simpel. Namun sebelum menggunakan kanopi aluminium ini, sebaiknya perhatikan keunggulan kekurangannya. Seperti misalnya udara di bawah kanopi yang terasa lebih panas dibandingkan jenis kanopi lain. Sebaiknya jenis kanopi ini dipasang apabila bagian kanan dan kiri kanopi tidak terdapat dalam tembok penutup. Tujuannya yaitu untuk memberikan masuknya angin lewat rumah atau kendaraan Anda sehingga tak terkena imbas hawa panas dari pemakaian kanopi jenis ini.

Banyak jenis bahan dari kanopi aluminium ini diantaranya : kanopi baja ringan. Atap kanopi bisa menggunakan Spandek, Polikarbonat, Asbes, Seng, Onduline dlsb.

Kanopi Spandek Baja Ringan di BSD Lagoon
Kanopi Spandek Baja Ringan di BSD Lagoon
kanopi baja ringan atap spandex di sawangan depok
kanopi baja ringan atap spandex di sawangan depok
  1. Kanopi Kaca

Kanopi jenis ini umumnya dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan jenis kanopi yang lainnya. Proses pemasangan kanopi kaca juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jenis kanopi ini banyak dijumpai di rumah-rumah bergaya elite. Material kaca yang bersifat tembus pandang menjadikannya lebih elegan daripada jenis kanopi lainnya. Dengan harga kanopi yang semakin mahal ini tentu saja kualitasnya sudah tak perlu diragukan.

Kanopi Kaca Model Minimalis Modern di Bojong Gede
Kanopi Kaca Model Minimalis Modern di Bojong Gede
  1. Kanopi Kontemporer Putih Sebagai Tambahan Outdoor

Jika Anda memerlukan ruangan tambahan sebagai tempat untuk bersantai dengan keluarga, Anda bisa menambahkan kanopi kontemporer berwarna putih, sehingga ruangan depan bangunan rumah pun bisa menjelma sebagai area yang menyenangkan dan memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah.

kanopi dan pagar minimalis kontemporer
kanopi dan pagar minimalis kontemporer

Ruangan di bawah kanopi bergaya kontemporer ini bisa menjadi tempat aktivitas untuk sarapan pagi maupun makan malam keluarga. Jenis kanopi minimalis pun otomatis terasa sejuk sebab kombinasi bahan kanopi yang tahan lama dan awet digunakan. Dengan menggunakan panel kaca sebagai bahan atapnya ditambah dengan tiang besi untuk penyangganya, jenis kanopi yang berwarna putih ini bisa dijadikan sebagai pilihan sebab warna klasik pada kanopi tak akan mudah dimakan waktu.

Selain jenis-jenis kanopi di atas, inspirasi jenis kanopi cantik lainnya ialah dengan memakai konsep berbahan kain kanvas dengan sifat minim perawatan dan lebih tebal. Jenis kanopi ini sangat ideal diaplikasikan di negara-negara tropis, jenis kanopi kain yang disematkan warna cerah seperti oranye dapat dijadikan pilihan terbaik yang bisa Anda coba!

Gravatar Image
Jasa spesialis pembuatan kanopi, tralis, pagar, alat konstruksi lainnya. Kami ahli dalam bidangnya.~kanopi~baja ringan~alumunium~ 🔩 kontruksi besi, atap baja ringan, plaffon, alumunium 🏠 Area Jabodetabek ☎️Telp/sms : 08125227383 📱WA : 08125227383 📱pin : 5bc732e9 www.facebook.com/Appasco-245395948880290