Mengenal Konstruksi Baja Berat

Mengenal Konstruksi Baja Berat

Halo Sobat APPASCO! Artikel APPASCO kali ini akan mengajak kalian untuk KENALAN SAMA KONSTRUKSI BAJA BERAT nih! 🛡️Yuk kita simak🛡️

Baja merupakan sebuah logam yang terdiri dari 2 unsur yang berbeda yakni besi serta karbon. Campuran dari kandungan karbon serta unsur-unsur lain yang ada pada baja membuat baja menjadi salah satu bahan material konstruksi yang memiliki keunggulan lebih kuat.

Kandungan besi pada baja dapat meningkatkan kekuatan tarik atau tensile strength dan meningkatkan nilai kekerasan atau hardness. Kualitas dari bahan material baja lebih homogen dan juga konsisten serta memiliki mutu terjamin.

Penggunaan baja berat sebagai bahan struktur dikenal lebih efisien, awet, dan unggul dalam menahan terpaan cuaca hingga gempa bumi loh😉

Apa aja ya keunggulannya ❓

1. Memiliki Kekuatan Tarik Tinggi dan Berat Yang Relatif Ringan
Kekuatan Tarik Baja sangat tinggi dan berguna untuk menahan beban lentur pada sebuah konstruksi, oleh karenanya Baja juga digunakan sebagai tulangan beton dalam struktur. Kemudian, dibandingkan material serupa yang dapat menahan beban dengan nilai yang sama, baja memiliki berat yang lebih ringan sehingga memudahkan proses transportasi dan konstruksi dalam sebuah pembangunan.

2. Proses Yang Lebih Cepat dan Praktis
Konstruksi baja berat dapat dibentuk dengan menggunakan metode pengelasan maupun baut, kedua metode ini tidak membutuhkan waktu tunggu layaknya campuran beton yang harus dikeringkan. Oleh karenanya konstruksi baja memberi keuntungan dengan mengurangi kesulitan dan waktu kerja selama proses konstruksi.

3. Awet dan Tahan Lama
Awet dan tahan lama merupakan kelebihan penggunaan konstruksi baja karena baja memiliki material yang kuat. Proses pemeliharaan struktur baja dapat dilakukan dengan pengecatan berkala untuk mencegah timbulnya karat pada badan baja.

4. Serba Guna dan Hemat Biaya
Kelebihan konstruksi baja adalah keserbagunaan yang tidak tertandingi. Baja dapat dibuat sebagai struktur utama gedung, bangunan rumah, gudang, bahkan jembatan. Dengan desain yang sesuai dan perhitungan yang akurat, penggunaan baja dapat memberi keuntungan pada pengurangan biaya produksi.

5. Mudah Dibentuk
Karakteristiknya yang lentur dan fleksibel dibandingkan beton memungkinkan baja dibuat menjadi banyak motif/pola. Sehingga desain struktur yang dihasilkan dapat menjadi tidak terbatas.

Nah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian terkait konstruksi baja berat ya☺️

For more discussion, feel free to contact us at 08125227383 (WA)

Gravatar Image
Jasa spesialis pembuatan kanopi, tralis, pagar, alat konstruksi lainnya. Kami ahli dalam bidangnya.~kanopi~baja ringan~alumunium~ 🔩 kontruksi besi, atap baja ringan, plaffon, alumunium 🏠 Area Jabodetabek ☎️Telp/sms : 08125227383 📱WA : 08125227383 📱pin : 5bc732e9 www.facebook.com/Appasco-245395948880290