Perbedaan Besi WF Besi H Beam Besi UNP
Perbedaan Besi WF Besi H Beam Besi UNP

Perbedaan Besi H Beam, Besi WF dan Besi UNP

Kali ini artikel APPASCO mengenalkan 3 jenis besi yang sering digunakan untuk konstruksi baja, nih! Yaitu BESI WF, BESI H BEAM, dan BESI UNP.

Mari kita simak. Kita bahas satu-satu yah.

BESI WF (Wide Flange)

Besi WF biasanya digunakan untuk berbagai keperluan dalam konstruksi, misalnya konstruksi untuk pembangunan jembatan, gudang, gedung, dll karena memiliki kekuatan yang seimbang dalam gaya tarik maupun tekan.

Besi WF menjadi salah satu elemen struktur dengan batas yang sempurna untuk menahan beban dan tarik, seperti menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial.

Bahkan, besi ini memiliki kepadatan yang tinggi sehingga tidak akan terlalu berat dalam kapasitas muat beban tetapi memberikan bentuk struktur bahan atau konstruksi yang digunakan menjadi lebih efisien.

Perbedaan Besi WF Besi H Beam Besi UNP
Perbedaan Besi WF Besi H Beam Besi UNP

Besi H-BEAM

Jenis besi h-beam adalah yang paling terkenal dibanding jenis-jenis besi lainnya, loh!

H-beam adalah besi baja berbentuk balok yang dibuat dengan proses hot rolled (cenai panas) dan memiliki bentuk serupa huruf H.

Seperti besi WF, Besi H-beam sering digunakan untuk membangun konstruksi besi pada jembatan dan juga proyek gedung-gedung besar. Namun, variasi ukuran besi H-Beam tidak sebanyak variasi WF.

Besi WF dan H-Beam memang mirip, perbedaannya adalah besi H-Beam memiliki flens yang jauh lebih lebar dan panjang jika dibandingkan dengan WF.

BESI UNP

Besi UNP berbentuk seperti huruf U dan biasa digunakan sebagai balok penutup pada atap serta penopang pada dinding.

Besi konstruksi ini merupakan material penting yang hampir selalu ada dalam setiap konstruksi bangunan.

Besi UNP terbuat dari jenis baja yang kuat dan kokoh. Banyak kontraktor percaya kualitas besi ini tidak tertandingi sampai sekarang.

Di pasaran telah tersedia variasi besi UNP dengan ukuran dan bobot yang berbeda-beda. Pastikan memilih ukuran besi UNP yang sesuai dengan kebutuhan kalian??

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian mengenai jenis Besi WF, H-beam, dan UNP ya! Jangan sampai salah memilih jenis besi untuk kontruksi bangunan kalian??

For more discussion, feel free to contact us at 08125227383 (WA)

Gravatar Image
Jasa spesialis pembuatan kanopi, tralis, pagar, alat konstruksi lainnya. Kami ahli dalam bidangnya.~kanopi~baja ringan~alumunium~ 🔩 kontruksi besi, atap baja ringan, plaffon, alumunium 🏠 Area Jabodetabek ☎️Telp/sms : 08125227383 📱WA : 08125227383 📱pin : 5bc732e9 www.facebook.com/Appasco-245395948880290