kanopi minimalis galvalum polikarbonat
kanopi minimalis galvalum polikarbonat

Beberapa Hal Penting Saat Akan Memasang Kanopi Garasi Mobil

Garasi mobil yang praktis kini seringkali dibuat dengan desain yang sederhana dan kadang lebih sering disebut dengan car port. Garasi mobil jenis ini biasanya hanya mengutamakan penutup bagian atas agar mobil terhindar dari panas dan hujan. Memilih penutup atau kanopi garasi mobil menjadi bagian penting untuk membuat garasi jenis tersebut.

Beberapa Bahan Pilihan Kanopi Untuk Garasi

Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat kanopi sebuah garasi mobil. Kebanyakan kanopi garasi mobil akan menggunakan rangka besi sebagai penopang atap bagian atas. Bagian atap inilah yang dapat dibuat dari beberapa pilihan bahan. Sedangkan rangka atap mayoritas menggunakan rangka besi hollow atau berlubang yang ringan tetapi kuat atau menggunakan rangka stainless steel yang tahan terhadap cuaca dan kelembaban.

Rangka besi dapat menjadi pilihan untuk menghemat anggaran; kelemahannya ada pada kebutuhan untuk pengecatan agar lebih tahan terhadap resiko korosi atau karat. Dibutuhkan pemeliharaan berupa mengganti pengecatan ulang jika cat lama mulai mengelupas. Sedangkan bahan stainless steel dipastikan lebih tahan karat dan minim perawatan; tetapi memiliki harga yang lebih mahal.

Ada beberapa bahan atap kanopi yang dapat dipilih atau disesuaikan dengan kondisi lingkungan serta arsitektur rumah yang akan ditambah dengan kanopi garasi. Masing – masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga diperlukan pertimbangan untuk memperoleh jenis bahan dan desain yang paling ideal.

  • Bahan Polycarbonate

Bahan ini mungkin merupakan bahan yang paling umum untuk digunakan membuat kanopi garasi mobil ataupun kanopi teras rumah. Bahan ini memiliki kelebihan pada bobot yang ringan sehingga tidak membutuhkan rangka berukuran besar. Selain itu juga tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim karena terbuat dari bahan plastik polycarbonate yang cukup tebal.

kanopi minimalis galvalum polikarbonat
kanopi minimalis galvalum polikarbonat

Bahan ini dapat dipilih dengan berbagai warna sesuai dengan kebutuhan. Warna hitam atau keruh dapat menjadi pilihan untuk mengurangi paparan sinar matahari yang masuh ke bawah kanopi. Sedangkan warna yang lebih jernih atau bening dapat pula menjadi pilihan untuk memperoleh ruang di bawah kanopi yang lebih terang. Faktor pertimbangan keberadaan tanaman seringkali menjadi alasan penggunakan polycarbonate bertipe jernih atau bening.

  • Tenda Membran

Pilihan bahan lain yang dapat digunakan untuk membuat kanopi garasi mobil adalah bahan tenda membran. Bahan ini terbuat dari kain tebal seperti tenda terpal; namun memiliki berbagai pilihan warna. Jenis bahan ini akan membutuhkan konstruksi rangka khusus yang disesuaikan dengan ukuran tenda membran.

  • Kain Layar

Bahan ini terbuat dari kain tebal serupa yang digunakan untuk layar kapal sehingga tahan terhadap air dan perubahan cuaca. Kelebihan atap jenis ini ada pada fleksibilitas untuk menggunakan bentuk – bentuk tertentu yang artistik. Kebutuhan rangka untuk atap jenis ini juga terbilang minimal; tetapi membutuhkan teknik pemasangan khusus karena membutuhkan tali atau kawat baja untuk memasangnya pada bagian rangka.

  • Bahan Spandek

Kanopi jenis ini yang merupakan kanopi garasi mobil yang sangat laris. Selain karena tidak mudah rusak seperti polikarbonat, kanopi ini tahan lama hingga 10-15tahun. Jadi sangat awet loh.

Kanopi Spandek Peredam Besi Galvanis di Cinere
Kanopi Spandek Peredam Besi Galvanis di Cinere
Kanopi Minimalis Spandek Peredam di Pamoyanan Hijau Bogor
Kanopi Minimalis Spandek Peredam di Pamoyanan Hijau Bogor

Beberapa Pertimbangan Membuat Kanopi

Ada beberapa pertimbangan sederhana untuk membuat kanopi garasi mobil ataupun teras; salah satunya adalah ukuran yang dibutuhkan. Bahan plastik polycarbonate lebih efisien untuk membuat kanopi berukuran besar karena mudah dipasang dan dipadukan menjadi berukuran besar. Desain rumah dapat menjadi pertimbangan lain; terutama agar tampilan kanopi senada dengan desain rumah dan justru mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan. Ketersediaan dana menjadi pertimbangan lain yang juga sangat penting. Ada baiknya menyesuaikan aspek teknis seperti ukuran rangka dan bahan atap kanopi agar sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan.

PENTING!!

Ingin mendapatkan kanopi dengan harga murah dan kualitas baik? segera hubungi kami di nomor 0812-522-7383 atau klik tombol whatsapp di bawah ini.

whatsapp serba seragam

Gravatar Image
Jasa spesialis pembuatan kanopi, tralis, pagar, alat konstruksi lainnya. Kami ahli dalam bidangnya.~kanopi~baja ringan~alumunium~ 🔩 kontruksi besi, atap baja ringan, plaffon, alumunium 🏠 Area Jabodetabek ☎️Telp/sms : 08125227383 📱WA : 08125227383 📱pin : 5bc732e9 www.facebook.com/Appasco-245395948880290