kanopi baja ringan spandek 2
kanopi baja ringan spandek 2

Hendak Memasang Kanopi, Kenali Jenis dan Tips Memilihnya Terlebih Dahulu

Kanopi baja ringan spandek menjadi hal penting dalam setiap rumah sebagai pelindung tambahan dari panas dan hujan. Terdapat banyak jenis kanopi dengan masing-masing karakteristik dan harga. Selain itu tempat pemasangan berbagai jenis kanopi berbeda-beda untuk benar-benar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

kanopi baja ringan spandek 2
kanopi baja ringan spandek 2
kanopi baja ringan spandek 1
kanopi baja ringan spandek 1

Jenis-jenis Kanopi

Dari berbagai jenis kanopi 5 diantaranya adalah seperti di bawah ini.

  • Kanopi baja ringan atap polycarbonate

Sesuai namanya, kanopi ini terbuat dari bahan polycarbonate atau plastik berongga. Kanopi ini ringan, kuat, dan memiliki berbagai pilihan warna yang transparan. Dengan kanopi ini cahaya matahari masih bisa menerangi dengan cukup baik.

  • Kanopi membran

Kanopi membran bersifat elastis namun kuat dan tahan akan sinar matahari sehingga bisa tahan lama. Kanopi ini bisa membuat rumah lebih indah karena bisa disesuaikan dengan rangka sesuai keinginan. Meskipun harganya cukup tinggi, namun banyak orang yang menggunakan kanopi membran.

  • Kanopi spandek

Kanopi baja ringan spandek memiliki bentuk bergelombang dengan alumunium dan seng sebagai bahan pembuatnya. Kanopi ini memiliki bobot yang ringan dan mudah untuk dipasang. Kerangka dari besi, kayu, atau baja ringan bisa menggunakan kanopi spandek.

  • Kanopi alderon

Pemasangan kanopi alderon termasuk mudah karena ringan namun tetap kuat dan kokoh. Kanopi ini tidak menyerap cahaya matahari sehingga tidak membuat panas. Selain itu kuat akan hujan lebat dan mampu meredam suara hujan dengan baik sehingga tidak menyebabkan bising.

Tips Memilih Kanopi

Memilih kanopi baja ringan minimalis modern haruslah tepat, berikut beberapa tipsnya.

  • Ukur Lahan

Ukur terlebih dahulu lahan atau tempat yang ingin dipasangi kanopi seperti teras, halaman depan dan belakang, hingga carport. Selain panjang, lebar, dan tingginya, pengukuran overstek juga penting. Pengukuran yang tepat akan meminimalkan terjadinya kesalahan dalam pemasangan kanopi misalnya ukuran kanopi yang  terlalu besar atau terlalu kecil.

  • Menetapkan anggaran

Sesuaikan desain dan model atau jenis kanopi dengan anggaran pada tahap awal. Hal ini untuk menghindari agar tidak mengeluarkan biaya yang lebih banyak nantinya. Jika anggaran terbatas bisa menggunakan desain sederhana saja sehingga bisa menggunakan kanopi berkualitas sesuai kebutuhan.

  • Memilih desain kanopi baja ringan

Memasang kanopi sebaiknya tidak hanya untuk peneduh saja tetapi bisa memperindah tampilan rumah. Pertimbangkan desain kanopi dengan desain atau konsep seluruh rumah. Seperti kanopi untuk rumah minimalis atau untuk mendukung estetika rumah konsep klasik.

  • Menentukan rangka dan jenis kanopi

Sesuaikan rangka dan jenis kanopi dengan fungsi pemasangan kanopi apakan untuk peneduh saja atau untuk melindungi kendaraan, dan lain-lain. Rangka dan jenis kanopi harus cocok dan saling mendukung. Sehingga akan berfungsi dengan baik dan awet. 

Kanopi baja ringan spandek, alderon, membran, dan jenis lain memiliki kelebihan tersendiri. Pemasangannya harus sesuai dengan fungsi dan lokasinya. Jangan sampai memasang kanopi tetapi akan mengganggu penghuni rumah, misalnya udara menjadi panas. 

Gravatar Image
Jasa spesialis pembuatan kanopi, tralis, pagar, alat konstruksi lainnya. Kami ahli dalam bidangnya.~kanopi~baja ringan~alumunium~ 🔩 kontruksi besi, atap baja ringan, plaffon, alumunium 🏠 Area Jabodetabek ☎️Telp/sms : 08125227383 📱WA : 08125227383 📱pin : 5bc732e9 www.facebook.com/Appasco-245395948880290