Cara Memperbaiki Roda Pagar yang Seret
Cara Memperbaiki Roda Pagar yang Seret

Cara Memperbaiki Roda Pagar yang Seret

Posted on

Sering kesal karena roda pagar rumah jadi seret?

Roda kan harusnya bikin pagar terasa ringan saat digeser, ini kok malah beratnya jadi berkali-kali lipat?! 😭

Kira- kira apa ya penyebabnya roda pagar jadi seret❓

Roda pagar yang terbuat dari besi terpapar sinar matahari dan suhu yang tiba-tiba berubah dari panas menjadi dingin. Bila terjadi secara terus-menerus, cepat atau lambat roda pagar akan mengalami proses oksidasi yang bisa mengikis lapisan cat roda pagar dan membuat beberapa lubang. Selain itu, gesekan antara roda dengan rel pagar akan membuat lapisan pelindungnya cepat mengelupas, sehingga roda besi pagar bisa lebih cepat berkarat dibanding dinding pagar itu sendiri.

Nah berikut adalah langkah untuk mengatasi karat pada roda pagar 😉:

  1. Bersihkan roda dan rel pagar dari debu dan kotoran. Apabila sudah muncul karat, semprot dengan cairan penetran (contoh: WD40).
  2. Bila karat sudah mulai muncul tapi kalian tidak mempunyai material yang sudah disebutkan di atas, minuman berkarbonasi atau minuman bersoda merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk membasmi karat. Siram minuman bersoda ke titik yang berkarat, diamkan beberapa saat, dan pakai lap kering atau sabut kawat untuk menggosok bagian yang sudah disiram minuman soda. Karat pun bisa luruh karenanya.
  3. Selain minuman bersoda, bahan-bahan masak seperti cuka atau campuran soda kue, garam, dan air jeruk bisa membasmi karat di pagar. Senyawa asam yang terkandung di dalam bahan-bahan ini dengan dibantu dengan kain lap bisa membuat karat segera hilang. Caranya pun mirip dengan minuman bersoda. Siramkan bahan-bahan ini ke titik yang berkarat, diamkan beberapa saat, lap dengan kain, dan karat pun akan hilang.
  4. Olesi roda dan rel pagar dengan oli gardan. Agar lebih hemat bisa pakai oli gardan bekas ya. Oli gardan umumnya hampir tidak mengalami perubahan warna dan viskositas (kekentalan), berbeda dengan oli mesin yang umumnya warnanya berubah menjadi gelap atau hitam setelah digunakan. Gunakan kuas untuk mengoleskan oli gardan pada rel dan roda pagar secara merata.
  5. Pada kasus tertentu ditemui bagian bearing pagar mengalami kerusakan sehingga bola2 bearingnya hilang dan membuat jalannya roda tidak semulus biasanya. Nah untuk kondisi ini sobat Appasco bisa mencopot roda pagar pada bagian poros dan menggantinya dengan roda besi yang baru. Komponen roda besi bisa dengan mudah ditemukan pada toko besi, yang penting dibawa contohnya agar tidak salah pilih ukuran dan model rodanya 😉.

Tentunya Sobat APPASCO ridak perlu risau lagi ya kalau tiba-tiba roda pagar rumah kalian jadi seret. Yuk segara atasi dengan langkah-langkah di atas😉

Semoga artikel APPASCO kali ini bisa menambah wawasan kita terkait penyebab dan cara mengatasi roda pagar yang seret ya😉

For more discussion, feel free to contact us at 08125227383 (WA)

Recent search terms:

bearing pada pagar
Gravatar Image
Jasa spesialis pembuatan kanopi, tralis, pagar, alat konstruksi lainnya. Kami ahli dalam bidangnya. ~kanopi~baja ringan~alumunium~ 🔩 kontruksi besi, atap baja ringan, plaffon, alumunium 🏠 Area Jabodetabek ☎️Telp/sms : 08125227383 📱WA : 08125227383 📱pin : 5bc732e9 www.facebook.com/Appasco-245395948880290